10/23/2015

BIJAK MENGATUR POLA MAKAN SAAT LEBARAN





TUKANG BAKSO - Ketika Lebaran, pasti akan banyak makanan yang menggoda selera. Namun, alangkah baiknya untuk cerdas dalam memilih makanan agar berat badan Anda tidak melonjak secara drastis setelah Lebaran.

Lebaran adalah saat yang ditunggu-tunggu untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan untuk memeriahkan Lebaran, maka akan banyak makanan yang lezat dan menggugah selera tersaji. Misalnya, opor ayam, rendang, hingga makanan dan minuman yang manis-manis.
Pastinya, jika makan secara berlebihan akan dapat berdampak pada berat badan Anda. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatur pola makan Anda saat Lebaran.

1. Cerdas memilih makanan

Ketika Lebaran seperti saat ini, pasti akan banyak ditemui menu khas Lebaran yang beragam. Mulai dari makanan yang manis, bersantan, dan berminyak. Memang, makanan-makanan tersebut terasa sangat menggiurkan dan menggoda. Namun sebaiknya untuk mengurangi makanan-makanan tersebut. Pasalnya, minyak dan santan dari masakan mengandung lemak jenuh atau lemah jahat yang tinggi.

2. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan minyak mengandung lemak yang tinggi. Alternatifnya adalah pilih menu makanan yang direbus atau dipanggang.

3. Jangan makan berlebih

Pada saat Lebaran, praktis kegiatan Anda akan disibukkan dengan acara silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Hal itu berarti jadwal untuk berolahraga akan semakin sempit. Karena itu, hindari makanan berlebihan agar lemak dalam tubuh tidak semakin menumpuk karena olahraga yang kurang.

4. Buah dan sayur

Buah dan sayur-sayuran dapat dijadikan menu pilihan untuk merayakan Lebaran. Selain lebih sehat dibanding makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi.

5. Bagaimana jika sulit menghindari?

Makanan-makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat mungkin akan menjadi tantangan bagi mereka yang melakukan program diet. Namun, makanan-makanan tersebut pastinya akan sulit dihindari ketika Lebaran. Langkah alternatifnya adalah Anda dapat mengonsumsi suplemen Fat Block untuk membantu mengikat lemak pada makanan sebelum diserap oleh tubuh Anda dan membuangnya.
Menjaga pola makan dan latihan rutin adalah langkah bijak agar berat badan Anda tidak bertambah ketika Lebaran. Semoga bermanfaat.

 (sumber )

camilan beku sehat disini lungkomas