10/04/2015

AKU DAN BALI

TUKANG BAKSO - aku itu orang jawa,dan aku itu merantau untuk mencari ekonomi yang lebih baik di pulau dewata alias bali.,mengapa merantau ke bali..? karena di daerahku ,aku tidak mempunyai kerjaan yang tetap dan menghasilkan uang.untuk itu merantau adalah pilihanku


mengapa memilih merantau ke bali.? karena mau merantau keluar negeri aku tidak mempunyai biaya.mengapa tidak merantau ke kalimantan..? menurut aku,kalau ke kalimantan kejauhan,dan kebanyakan kalau ke kalimantan itu sebagai pekerja tambang..
mengapa tidak mau bekerja di tambang..? bukan tidak mau tapi, kalau di tambang itu dulu memerlukan ijasah,sedang aku cuman lulusan smp,karena aku punya prinsip," gunakan kemampuan dalam diri sendiri semaksimal mungkin"

aku gemar makan daging,ayam ikan,sapi dan sejenisnya yang halal di makan manusia..dan aku senang memasak..mengapa aku menjatuhkan pilihan merantau ke bali..? karena aku berpikir akan belajar berbisnis,berdagang yang berhubungan dengan makanan dan bali menurut aku tepat untuksemua yang aku pikirkan itu.

karena aku gemar makan daging,maka bisnisnya ya di kisaran makanan...mengapa menjatuhkan pilihan bisnis di bidang makanan..? karena menurut aku,setiap hari oarang perlu makan....dan di kota besar kebiasaan beli makanan jadi itu semakin hari semakin menjadi trend..karena kesibukan semua orang,yang akhirnya gak sempat masak.

aku merasa sudah menyatu dengan bali..mengapa begitu..? karena setiap orang yang jumpa dengan aku,mengira aku ini orang asli bali....kok bisa begitu...? aku tidak tau...
aku sendiri merasa sudah cocok tinggal di bali dan untuk usaha juga sudah berjalan,biarpun dengan perjuangan yang menguras keringat..

jadi aku dan bali itu sudah menyatu,aku mematuhi aturan yang ada,dan bali mau menerima aku ,memberi ruang waktu untuk mencari ekonomi yang lebih maju.tapi bali ya tetep bali..dan aku ya tetep aku...

apa tidak terpikirkan untuk balik kampung..? semua orang yang merantau itu pasti selalu teringat tanah kelahirannya...tapi untuk balik kampung itu,sungguh sangat memerlukan waktu dan perencaan yang tepat.....dan menurut aku...yang paling tepat itu adalah mengikuti kata hati dan menjalani jalan yang di berikan oleh yang maha pencipta...